Selasa, 13 Maret 2012

Tentang Pengantar Akuntansi

Akutansi adalah proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan. Menurut Hemat saya, Ilmu Akuntansi sendiri tidak hanya ilmu pasti atau matematis, melainkan juga sebuah ilmu seni.
Dalam akutansi, dibutuhkan seni dalam pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan. Kita juga membutuhkan seni dan keterampilan dalam menyampaikan hasil pencatatan akuntansi dalam sebuah Laporan Keuangan.

Karena Akuntansi menyediakan informasi akuntansi berupa laporan-laporan Akuntansi. Maka, banyak pihak yang berkepentingan terhadap hasil dan laporan Akuntansi.

Pengelola atau manajemen  perusahaan yang paling bertanggungjawab terhadap perusahaan membutuhkan laporan Akuntansi guna mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Kreditor
membutuhkan laporan Akuntansi guna menilai apakah perusahaan yang mengajukan permintaan kredit akan sanggup mengembalikan pinjaman. Kreditor akan menolak suatu usulan/permintaan kredit dari suatu perusahaan bila informasi akuntansi perusahaan itu meragukan atau menunjukkan hal yang negatif.

Sementara itu, Calon Investor memerlukan laporan akuntansi perusahaan untuk mengukur tingkat kemampu-labaan perusahaan, sebelum mereka memutuskan untuk menaruh investasi di perusahaan tersebut.
 
Pemilik perusahaan dan pemegang saham juga membutuhkan laporan akuntansi untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan perusahaan guna mengetahui seberapa besar prospek masa depan perusahaan.

Pemerintah juga memerlukan laporan akuntansi guna menghitung besaran pungutan pajak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar