Sabtu, 10 Maret 2012

Bisnis dan Lingkungannya

Bisnis adalah sebuah manajemen organisasi yang menawarkan barang dan atau jasa guna memperoleh keuntungan bagi subjek atau orang yang menjalankan bisnis tersebut. Bisnis juga bisa diartikan sebagai aktivitas terpadu dalam pertukaran barang dan jasa, atau bahkan uang, yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih guna memperoleh keuntungan atau profit tadi.
Kegiatan bisnis sendiri merupakan sebuah sistem yang sangat terkait dengan lingkungan di sekitarnya. Sebab, dalam perkembangan terkini, bisnis tidak hanya berkepentingan memperoleh keuntungan. Kini, kegiatan bisnis harus bertanggungjawab terhadap kelangsungan lingkungan guna mempertahankan profit dalam jangka waktu yang lama.

Lingkungan bisnis sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu lingkungan internal dan eksternal.

Lingkungan Internal berpengaruh langsung terhadap kinerja sebuah bisnis. Lingkungan Internal diantaranya yaitu sumber daya manusia, manajemen atau pengelola organisasi usaha, pemilik usaha, aset organisasi usaha serta informasi yang berkaitan langsung dengan kelangsungan usaha.

Sementara itu, Lingkungan Eksternal adalah lingkungan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kelangsungan usaha. Namun, lingkungan eksternal menentukan langgeng tidaknya sebuah organisasi usaha. Tentu saja, kelanggengan sebuah organisasi usaha juga menentukan profit tidaknya organisasi tersebut.

Lingkungan eksternal sendiri juga dibagi menjadi dua komponen. Yaitu lingkungan khusus dan lingkungan umum.

Lingkungan khusus merupakan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap organisasi usaha bersangkutan, tetapi tidak berada dalam lingkungan internal atau bagian dari perusahaan dimaksud. Lingkungan khusus diantaranya ada konsumen, suplier, pesaing dan juga kreditor atau pemberi pinjaman modal usaha.

Sementara itu, lingkungan umum adalah lingkungan yang tidak berpengaruh langsung terhadap perusahaan. Namun, lingkungan umum juga bisa berpengaruh terhadap perusahaan, walau tidak sebesar pengaruh lingkungan khusus. Akan tetapi, lingkungan umum sangat menentukan apakah sebuah perusahaan akan mampu bertahan dalam jangka waktu lama atau tidak.

Lingkungan umum diantaranya berupa kondisi ekonomi, kondidi politik, kondisi hukum, kondisi sosial budaya, kondisi demografi dan perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar