Sabtu, 17 Maret 2012

Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi adalah bidang studi yang mempelajari bagaimana manusia berperilaku dan bertindak di dalam organisasi. Perilaku Organisasi membahas organisasi secara mikro, berbeda dengan teori organisasi yang membahas organisasi secara makro. Meski tampak adanya perbedaan pengertian, bidang kajian teori organisasi dan perilaku sebenarnya sama, yaitu organisasi dan bahkan manusia didalam organisasi.

Namun, keduanya menjadi berbeda jika kita melihatnya dari cara mengkaji. Dalam teori organisasi manusia hanya dibahas secara agregat sebab dalam bidang studi ini unit analisisnya adalah organisasi secara keseluruhan. Sedangkan dalam perilaku organisasi, manusia justru menempati posisi sentral, dimana manusia diperlakukan sebagai tempat berpijak untuk memahami organisasi secara keseluruhan.

Perilaku organisasi bisa juga diartikan sebagai bidang studi yang meng-investigasi individu, kelompok dan struktur organisasi, dan dampaknya terhadap perilaku di dalam organisasi. Dengan harapan bahwa dengan menerapkan pengetahuan tersebut efektifitas organisasi dapat ditingkatkan.

Dalam perilaku organisasi kita akan mempelajari prilaku manusia di dalam organisasi, baik manusia dalam kapasitasnya sebagai individu maupun manusia sebagai kelompok. Perilaku Organisasi juga mempelajari hubungan antara manusia dengan variabel yang releven dengan organisasi dalam rangka untuk meningkatkan efektifitas organisasi dan kepuasan kerja karyawan. Variable-variabel tersebut adalah dimensi-dimensi organisasi dan lingkungan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar