Jumat, 09 Maret 2012

Tentang Ilmu Manajemen

Ilmu Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari tekhnik-tekhnik perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan sebuah organisasi, baik organisasi profit berupa perusahaan maupun organisasi non profit.
Fungsi perencanaa dalam ilmu manajemen yaitu menuangkan rencana yang akan dilakukan dalam membangun, membentuk, menjalankan serta mencapai tujuan organisasi. Perencanaan bermaksud menentukan tujuan organisasi secara keseluruhan. Pemimpin organisasi yang berperan sebagai manajer memegang peranan penting dalam perencanaan sebuah organisasi. Perencanaan boleh dibilang menentukan 50 persen keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

Sementara itu, Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil guna mempermudah manajer dalam menjalankan dan melakukan pengawasan dalam organisasi. Pengorganisasian digambarkan sebagai pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab dalam kerangka dan struktur organisasi.

Pengarahan sendiri merupakan suatu tindakan guna mengusahakan agar semua anggota organisasi bekerja mencapai sasaran yang telah ditentukan dalam perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar