Senin, 19 Maret 2012

Lingkungan Organisasi

Lingkungan Organisasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan organisasi baik yang ada di dalam maupun di luar organisasi. Lingkungan organisasi umumnya akan mempengaruhi upaya organisasi dalam mencapai tujuannya, baik besar ataupun kecil pengaruh dimaksud.

Lingkungan Organisasi umunya dikelompokkan dalam lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Kemudian Lingkungan eksternal dapat dikelompokkan menjadi elemen aksi langsung dan elemen aksi tidak langsung.

Lingkungan Internal adalah Karyawan, Manajemen dan pemilik organisasi baik itu berupa pemilik perseorangan ataupun pemegang saham.

Sedangkan lingkungan eksternal, yang termasuk lingkungan aksi langsung diantaranya adalah konsumen, pemasok bahan baku, pemerintah, serikat pekerja, pesaing dan lembaga keuangan. Kemudian, lingkungan eksternal aksi tidak langsung diantaranya ada teknologi, variabel ekonomi, dan kondisi politik.

Dengan mempelajari lingkungan organisasi kita akan mampu mengenali seberapa besar pengaruh masing-masing lingkungan terhadap kelangsungan hidup organisasi. Sehingga, kita bisa mempertimbangkan dan mengambil langkah strategis menghadapi pengaruh lingkungan organisasi terhadap upaya organisasi mencapai tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar